Minggu, 08 September 2013

Poktan Margo Mulyo Telah Mampu Produksi Sayuran Organik




               Kelompok tani Margo Mulyo Desa Pogalan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang yang berdiri sejak tahun 1994 dan beranggotakan 23 orang yang di ketuai oleh Bapak Pangat  ini telah memproduksi sayuran organik antara lain komoditas : Kobis ,Boncis ,Brokoli ,Pakcoy ,Bawang daun ,Sledri ,Sawi ,Ceisyn dan lain-lain . Sayuran ini di tanam sepanjang tahun dan hasilnya telah di pasarkan ke semarang setiap hari sabtu dengan sistem kemitraan, karena di kota tersebut telah ada komunitas konsumen sayuran organik




Untuk mendapatkan sayuran organik  tersebut  kelompok tani telah mendapatkan pembinaan dari BPPK Kecamatan Pakis dengan penyuluh pendamping Bapak Marsudi . Metode pembinaan yang dilakukan adalah dengan Sistem Sekolah Lapang Sayuran Organik Brokoli (SL )
Selain Sekolah Lapang juga telah di lakukan pelatihan pembuatan Pupuk Pelengkap Cair (PPC) alami , Pestisida Nabati , Bokhasi dan Mol. Kelompok tani tersebut juga mendapat pelatihan dari BPPKP Kabupaten Magelang dengan memberikan anggaran untuk pelatihan Pertanian Organik. Kelompok tani tersebut berkelas Lanjut dan berkembang dengan baik tidak hanya memproduksi sayuran organik  saja tetapi juga melakukan usaha ternak sapi potong dengan dana yang bersumber dari pinjaman lunak KKPE mulai th 2011 , 2012 , 2013 .Dengan usaha ternak tersebut maka usaha taninya terintegrasi dengan ternak sapi ,dimana pupuk kandang sudah tidak beli lagi.
Pupuk kandang sebelum digunakan di lahan pertanian mereka terlebih dahulu telah diolah terlebih dulu menjadi bhokasi.
Menurut Bapak Pangat selaku ketua kelompok tani Margo Mulyo, dengan mengintegrasi sayuran dengan ternak sapi serta adanya pasar yang jelas di semarang, maka hal ini sangat menguntungkan bagi anggota kelompoktani.

Bu EKD sedang meninjau hasil Budidaya Brokoli Organik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar


web stats