Minggu, 08 September 2013

Dengan SL-PHT , Petani Dapat Mengetahui Penanganan PHT secara Bijak

           Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu      ( SL-PHT ) Tanaman Jagung yang diadakan oleh Laboratorium Kedu di Kelompok Tani Sri Rejeki Dusun Dakawu Desa Banyusidi Kecamatan Pakis ini ditujukan agar petani dapat mengetahui bagaimana cara pengendalian hama dan penyakit tanaman jagung secara bijak dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.
            Pembelajaran dalam Sekolah Lapang ini dilakukan setiap seminggu sekali yaitu setiap hari rabu pukul 07.30 sampai dengan 12.00 WIB dengan cara pengamatan terhadap tanaman di lahan uji coba pada pagi harinya dilanjutkan dengan pemaparan oleh peserta. di sini dari 30 orang perserta dibagi menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok diharapkan dapat memaparkan hasil temuan di lapangan terhadap hama dan penyakit serta musuh alami yang ditemukan.
            
 

  Di Lahan Praktek SL PHT ini dibagi menjadi dua petak, yaitu petak pertama adalah lahan  PHT dan petak kedua adalah petak kontrol. petak PHT dilakukan dengan perlakuan khusus seperti penggunaan trikoderma dan Metani ( metarizium ) untuk pengendalian HPT sedangkan petak kedua dilakukan dengan perlakuan biasa seperti yanag biasa dilakukan oleh petani.Dari Pengamatan yang dilakukan, peserta dapat mengetahui perbedaan pertumbuhan tanaman jagung dari kedua petak lahan praktek. 





Pengamatan di Lahan Praktek


Pemaparan dan Diskusi Kelompok


                 Selain penggunaan metani dan trikoderma sebagai agensi hayati , dalam SL PHT tanaman jagung ini juga dilakukan praktek pembuatan pestisida organik yang berasal dari bahan-bahan yang mudah didapatkan disekitar rumah. Pestisida organik yang dipraktekkan diantaranya adalah larutan bawang putih untuk penanggulangan hama putih serta larutan daun pepaya sebagai pestisida penanggulangan ulat.

2 komentar:

  1. bisa dipakai referesnsi untuk ketelasanan ...

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus


web stats