Kamis, 01 Agustus 2013


BERBEKAL SEMANGAT DAN KETEKUNAN,KELOMPOK TANI MARSUDI TANI KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG MAJU LOMBA KAMPUNG TERNAK SEHAT TINGKAT PROPINSI JAWA TENGAH.
               

                Kelompok Tani Ternak Marsudi Tani Desa Muneng Kecamatan Pakis mewakili Kabupaten Magelang maju lomba desa ternak sehat tingkat Propinsi Jawa Tengah. Penilaian oleh dewan yuri tingkat Jawa Tengah dilakukan 2 kali penilaian dan tahap akhir berlangsung tanggal 30 juli 2013 kemarin. 
          Dalam penilaian, selain dewan yuri sejumlah 6 orang juga hadir Kepala Dinas Peterikan Kab. Magelang, Camat Pakis beserta muspika, Koordinator Penyuluh dan segenap Penyuluh Kecamatan Pakis, PDPP, Kepala UPT Disdikpora, , Pamong Desa dan Pengurus serta anggota kelompok ternak Marsudi Tani. Dalam sambutannya ketua kelompok tani mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga kelompok tani ternak marsuditani dapat tumbuh dinamis dan berkembang dengan baik dan diperhitungkan di Jawa Tengah. Kelompok tani ini masih masuk 6 besar ditingkat Jawa Tengah. Ketua kelompok tani marsuditani Eko Wardani juga melaporkan bahwa kelompok ini telah berumur 19 tahun dan telah bekerjasama dengan barbagai instansi antara lain Distanbunhut, Dinas peterikan, Lingkungan hidup, BRI dan BPPKP, PNPM mandiri juga dengan yang lainnya. Kelompok ternak yang satu ini dipercaya untuk mengelola program penyelamatan induk sapi produktif sebesar Rp 500.000.000. mengelola dana PUAP Rp 100.000.000 yang dialirkan ke gapoktan desa setempat.
       Untuk memperbesar usaha kelompok, kelompok tani yang satu ini telah memanfaatkan dana kredit ketahanan pangan dan energi (KKPE) sebesar Rp 180.000.000,- untuk menambah populasi sapi yang ada. Dalam laporan yang sama kelompok tani mempunyai ternak sapi sejumlah 60 ekor yang dikandangkan secara kelompok. Aset kelompok tani ini , selain sumberdaya manusia yang handal dan kondusif juga punya kandang kelompok dan ruang pertemuan yang cukup reprensentatif. Lahan pengolahan limbah, tempat inseminasi buatan dan alat alat mekanisasi pertanian telah tersedia. 
          Dalam akhir laporannya Eko Wardani sebagai ketua melaporkan juga bahwa berdasarkan analisis usaha sapi yang telah dijalani B/C ratio sebesar 1,6% dan hal ini menandakan usaha yang telah dilakukan sangat menguntungkan. Dalam acara penilaian ini juga diberikan santunan untuk yatim piatu dan THR Idul Fitri kepada 16 orang yang berhak menerima dari keuntungan usaha kelompok Marsudi Tani secara simbolis diberikan oleh Ketua Dewan Yuri dari Propinsi Jawa Tengah Bapak Ir Haryanto MSI. Dalam sambutan dan laporannya,  Ir Haryanto, MSI mengatakan bahwa lomba ini sebagai sarana untuk pembinaan sehingga akan diperoleh desa yang sehat, ternak yang sehat, peternak yang sehat, lingkungan yang sehat dan akhirnya masyarakat yang sehat. Pada akhir laporannya ketua dewan yuri menyampaikan bahwa kelompok ini masuk 6 besar dan pada waktunya akan diumumkan mendapat nomor juara berapa masih dalam proses.( Prj )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


web stats